Apa yang saya pelajari tentang keuangan dari menonton film

Setelah menonton beberapa film ini saya menyadari bahwa terdapat pesan yang dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari dalam hal keuangan.

Pastikan Anda memulai layanan streaming seperti Netflix atau Amazon Prime untuk menontonnya karena sampai saat ini masih film tersebut belum bisa ditampilkan pada layarkaca.

Jadi, inilah daftar film favorit saya tentang dunia keuangan dan apa yang dapat Anda pelajari darinya.

Inside Job

Pemenang Academy Award 2011 untuk Film Dokumenter Terbaik, film ini menceritakan dalam lima bab yang menakjubkan. Alur ceritanya dimulai sebelum, selama dan setelah runtuhnya sistem keuangan pada tahun 2008 pada masa krisis ekonomi tersulit saat itu. Dengan cara yang sangat realistis, film ini diriwayatkan oleh Matt Damon menyelidiki hubungan antara politisi, jurnalis dan profesional lain yang terkait dengan pasar keuangan. Ini menjelaskan keterlibatan masing-masing dan langkah-langkah yang telah menyebabkan krisis.

Apa yang Anda pelajari Inside Job?

hal pertama yang Anda pikirkan ketika Anda menonton Inside Job adalah cara yang sangat tepat dan efektif di mana film tersebut memaparkan beberapa mekanisme keuangan internasional dan keterkaitannya yang menyebabkan krisis keuangan tahun 2008.

Namun, bagi para pemula di dunia keuangan, film ini memiliki kelebihan lain: menjelaskan dengan cara yang mudah dipahami dilengkapi beberapa konsep yang berguna bagi investor mana pun. Jika Anda ingin memahami apa itu derivatif, sekuritisasi, atau deregulasi pasar keuangan, saya hanya dapat merekomendasikan film dokumenter yang menarik ini.

Wolf of Wall Street

Siapa bilang Anda tidak bisa membuat film yang menarik di usia 71? Bagaimanapun, Martin Scorsese mulai menepisnya, karena filmnya Wolf of Wall Street adalah salah satu karyanya yang paling dinamis dan sukses. Sebuah film yang mempunyai peringkat hampir sama dengan Casino dan Goodfellas.

Terinspirasi oleh kisah nyata, film ini menunjukkan kebangkitan ketenaran dan kekayaan seorang pialang saham yang teduh dan tidak bermoral: Jordan Belfort (Leonardo DiCaprio).

Apa yang Anda pelajari dari film ini?

Oke, jadi mungkin yang satu ini, seperti Inside Job, tidak terlalu menginspirasi banyak kepercayaan di Wall Street dan dunia keuangan. Namun demikian, ada beberapa pelajaran yang dapat dipetik dari film Scorsese.

Yang paling jelas adalah terkadang Anda tergoda untuk mengambil jalan pintas, namun beberapa jalan pintas dalam menghasilkan uang secara cepat terkadang mempunyai resiko yang tinggi.

Itulah mungkin alasan mengapa pasar keuangan diatur dan mengapa regulator keuangan seperti AMF, BAFIN atau SEC ada.

Salah satu pesan lain dari film ini: terkadang lebih baik berhenti mengambil resiko sesaat setelah Anda mencapai tujuan. Pada satu titik dalam film, Jordan bisa membayar denda $ 2 juta dan hanya dilarang dari sektor keuangan, memungkinkan dia untuk pensiun seumur hidup jika dia memilih untuk berhenti. Sebaliknya, ia tetap melanjutkan tekad dan menerima hukuman yang berat selama hidupnya.

Sama halnya dengan investasi keuangan, terkadang Anda harus menerima kerugian daripada menjadi keras kepala dan kehilangan lebih banyak uang.